bisnis

Pakan Kambing Boer Yang Baik Bagi Petumbuhan

Kambing boer merupakan salah satu jenis kambing afrika selatan yang banyak diproduksi di Indonesia. Permintaan petani tinggi karena harganya mahal.

Berikut ini adalah garis besar beberapa aspek terpenting dalam budidaya kambing boer untuk pemula.

Ciri-ciri Kambing Boer

  • Hidung cembung, kaki pendek
  • Menggantung daun telinga
  • Putih seluruhnya
  • Warna kepala: coklat tua atau coklat muda
  • Seekor kambing dewasa dapat memiliki berat antara 80 dan 120 kg.
  • Jenis Kambing Boer

 

Kambing ini menjadi salah satu sumber daging terpopuler sejak pertama kali diternakkan pada tahun 1900-an.

Memang, kambing boer dengan kualitas daging yang lebih baik telah dicapai setelah satu abad berkembang biak. Kambing ini juga memiliki tingkat reproduksi yang tinggi dan tumbuh dengan cepat.

Kambing Boer

Tubuh berwarna putih dengan kepala berwarna coklat membedakan kambing ini. Namun, ada juga yang hanya berwarna coklat atau putih. Mereka jinak dan memiliki telinga berjumbai panjang.

Kambing boer tidak sensitif terhadap penyakit dan dapat berkembang biak dengan cepat. Mereka juga berbaur dengan baik dengan setting apapun, termasuk Indonesia. Tidak mengherankan bahwa jenis ini populer di kalangan peternak.

Panduan Pemula untuk beternak Kambing Boer

Perawatan kambing boer sederhana. Memelihara kambing, di sisi lain, menuntut perhatian terus-menerus. Perhatikan detail ini saat memelihara kambing boer jika Anda seorang pemula.

  1. Kambing Boer Darat adalah hewan yang mudah beradaptasi yang dapat hidup di hampir semua wilayah Indonesia. Tipologi lahan tidak menjadi masalah di dataran rendah atau dataran tinggi.

Namun, properti di mana kandang kambing akan dibangun sebaiknya sesuai dengan karakteristik berikut.

  • Tanah menerima sinar matahari yang cukup.
  • Tanah jauh dari pemukiman penduduk
  • Paparan angin langsung dihindari di situs ini.
  • Lokasi tidak banjir dan jauh dari sumur.
  1. Menggunakan Sistem Sangkar yang Dikumpulkan untuk Membangun Sangkar

Sistem kandang yang dikumpulkan sangat ideal saat membuat kandang kambing. Kandang yang dikumpulkan adalah sistem kandang yang membagi ruang hidup kambing dari bagian penyimpanan untuk kotoran dan urin.

Sistem Pengumpulan Kandang Kambing

Penataan kandang ini memiliki beberapa manfaat. Untuk mulai dengan, kandang tidak berbau dan tidak bernoda. Akibatnya, risiko penyakit pada kambing boer berkurang. Kematian kambing juga diturunkan. Sistem ini sangat sederhana untuk diatur dan dipelihara.

Akhirnya, kandang yang dikumpulkan memudahkan pengelolaan kotoran kambing bagi peternak. Membersihkan kandang jauh lebih mudah. Kotoran dan kencing kambing juga bernilai ekonomis karena dapat dijual untuk berbagai keperluan. Untuk membuat pupuk organik, misalnya. Anda mendapatkan sumber uang tambahan.

Baja ringan dapat digunakan untuk membuat rangka kandang yang dapat dikoleksi. Bahan serat dapat digunakan dalam wadah urin dan feses. Bahan lain yang dapat diterima, di sisi lain, dapat digunakan sebagai pengganti.

  1. Pemilihan Bibit Kambing

Tubuh dan kaki kambing boer berkualitas tinggi besar dan kuat, tetapi tidak kelebihan berat badan. Kambing sehat dan tidak cacat. Rambutnya cerah dan bersih.

Bibit Kambing Boer

Pastikan alat kelamin berfungsi dengan baik sebelum beternak kambing. Kambing boer betina harus berumur minimal 5 sampai 6 bulan agar fit untuk dikembangbiakkan. Kambing jantan berumur 5 sampai 8 bulan.

  1. Memberikan pakan hijauan seperti daun nangka, daun lamtoro, dan lain-lain kepada kambing boer. Jika kambing dalam keadaan kering, dosis pakan ternak yang optimal adalah 3% dari beratnya. Ketika hijauan masih segar atau lembab, bobotnya antara 10% dan 15% dari berat badan.

Pakan untuk Kambing Boer

Peternak kambing juga dapat melengkapi pakan kambingnya. Pakan tambahan dapat dibeli atau diproduksi di rumah. Konsentrat pakan tambahan yang paling umum adalah dedak, tepung ikan, dan bungkil kedelai. Tingkat protein 16 persen dalam pakan tambahan sangat ideal.

Kambing membutuhkan 1,5 hingga 2,5 liter air minum per hari selain makanan. Di tangki air sangkar, Anda dapat menawarkan air kapan saja. Saat air habis, isi ulang dan ganti setiap hari agar air dan kandang tetap bersih.

  1. Bebas goresan

Tidak punya waktu atau tenaga untuk bersantai (mengangkut kambing ke ladang untuk merumput) atau memotong rumput untuk memberi makan kambing? Terutama bagi peternak yang memiliki jumlah kambing boer yang banyak. Jangan khawatir; Anda dapat memelihara ternak tanpa penderitaan.

Pakan untuk kambing

Ada alternatif lain untuk streaming rumput yang mungkin Anda jelajahi. Salah satunya adalah pembelian pakan ternak kambing. Petani yang menggunakan cara ngagon dan ngarit melakukannya pada musim kemarau, saat pangan langka.

Anda dapat memproduksi kantong pakan hijauan fermentasi daripada membeli pakan hijauan. Kuncinya adalah menjaga hijauan tetap lembab dan mengolahnya dengan fermentasi atau perlakuan silase.

Fermentasi Pakan Kambing:

  1. Air sumur, rumput giling, daun pisang, dan bahan lainnya
  2. Bubur dari singkong
  3. Tetes Tebu / Dedak / Katul
  4. EM4
  5. Campur semua pakan daun rumput dengan dedak atau dedak hingga merata pada media terpal.
  6. Tempatkan dalam drum dengan molase, air garam, dan EM4 di dalamnya.
  7. Tergantung pada jumlah kambing, 1 drum untuk beberapa hari
  8. Setelah mengambil pakan yang diperlukan, drum ditutup rapat untuk mencegah lalat BSF merasuki telur dan membusukkannya.
  9. Kambing boer memiliki sistem kekebalan yang kuat dan kurang rentan terhadap penyakit dibandingkan jenis kambing lainnya. Kesehatan mereka, di sisi lain, harus dijaga.

 

Membersihkan kandang setiap minggu atau setiap dua hari sekali dengan cara menyapu dasar kandang adalah salah satu pilihan. Sebulan sekali, ingatlah untuk menyemprot kandang dengan disinfektan.

  1. Setiap bulan pembibitan kambing boer di panaskan selama 1 sampai 2 hari. Setiap bulan kambing boer jantan bisa kawin. Kambing Boer betina rata-rata hanya kawin dua kali dalam setahun.

Pembibitan Kambing Boer

Pada usia 10-12 bulan, kambing betina sudah siap kawin. Mereka dapat memiliki empat anak ayam setelah lima bulan kehamilan. Kambing membutuhkan waktu dua bulan untuk pulih dan menyapih anaknya setelah melahirkan.

Harga Pembuatan Kandang Kambing

Anda harus memeriksa model kandang kambing dan ukurannya sebelum menentukan biaya pembuatannya.

Kambing boer biasanya ditempatkan di kandang bergaya panggung besar. Kandang berukuran 2 x 10 m, misalnya, hanya bisa menampung 4 ekor kambing boer.

Baja ringan banyak digunakan untuk membuat kandang kambing. Pertama, tentukan ukuran kandang. Total biaya pembuatan kandang kemudian dihitung dengan mengalikan dimensi kandang dengan harga bahan.

%d bloggers like this: