bisnis

Jalan Ambles Padarepublika Online

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Jalan ambles pada Jl Sholeh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor akan diperbaiki Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (KemenPUPR) bulan ini. Saat ini Satuan Lalu Lintas Polresta Bogor Kota tengah melakukan koordinasi Jasa Perbaikan Jalan buat pengalihan arus atau rekayasa lalu lintas di jalan tadi.

Pantauan Republika pada lokasi, jalan berdasarkan arah Simpang Yasmin menuju Kelurahan Sukaresmi atau putar pulang Kebon Pedes sekarang telah ditutup. Di jalan nasional yang amblas itu terlihat sebuah alat berat backhoe. Tetapi pekerjaan perbaikan terlihat belum dimulai.

Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria, mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pengecekan ke lokasi. Dia pun melihat, nir hanya jalan pada samping underpass yg mengalami ambles, tetapi berpengaruh ke jalan underpass yang juga ikut retak.

“Dan wkatu itu jua kita menurut kepolisian menyampaikan buat dilakukan rekayasa. Kenapa? Lantaran kendaraan khawatir roda empat ke atas itu akan membuat tambah amblas,” kata Galih pada Republika, Rabu (16/dua).

Galih mengungkapkan, buat sementara pihaknya akan mengandalkan jalan arteri sebagai jalur yg dilewati tunggangan ketika rekayasa lalu lintas nanti. Bahkan, istilah dia, rekayasa lalu lintas bisa saja tidak diterapkan di Jalan Sholeh Iskandar pula, tetapi pada underpass.

Berdasarkan warta yg diterimanya waktu kedap beserta KemenPUPR, pemugaran jalan tersebut akan dilakukan pada Jasa Perbaikan Jalan di Medan akhir Februari. Satlantas Polresta Bogor Kota pun masih menyiapkan pola-pola rekayasa lalu lintas. Sambil menunggu kapan dimulainya proyek tersebut.

“Sementara yang kita andalkan adalah jalan arteri ini. Dimana jalan arteri ini sudah pembetonan, namun memang lebar jalannya masih kurang memadai. Tapi nggak papa,” ungkap dia.

Galih menyebutkan, ada beberapa opsi yg sanggup dilakukan dalam rekayasa lalu lintas nanti. Selain mengandalkan jalan arteri, bisa dilakukan contra flow atau versus arus pada jalur kanan menuju Simpang Yasmin. Ada juga opsi satu jalur pada underpass.

“Yang jelas kita bentuk rekayasa melakukan cara bertindak pengalihan arus agar nir lumpuh atau perpindahan orang menurut satu titik ke titik lain tetap,” ujarnya.

Kepala Pengawas Lapangan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jawa Barat, Agung Wibowo, mengatakan hingga Februari pemugaran jalan amblas itu sampai ke tahap peninjauan.

Dia mengatakan, planning perbaikan jalan secara tetap sampai sekarang masih menunggu hasil rekayasa lalin terselesaikan. Dimana rekayasa lalu lintas tersebut tengah dikoordinasikan menggunakan pemkot (Pemkot) Bogor, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor dan Polresta Bogor Kota, sebelum memulai pekerjaan perbaikan.

Agung mengakui, pihaknya menemukan kendala di lapangan. Selain mematangkan konsep rekayasa kemudian lintas, terdapat kasus lain yg  berkaitan menggunakan utilitas milik PLN. 

Utilitas tadi, istilah dia, menghubungkan pribadi genre listrik dengan Istana Bogor. Selain itu poly kabel-kabel yang melintang di dekat jalanan amblas.

%d bloggers like this: