General

Inilah Beberapa Contoh Alat Kesehatan Elekteromedik

alat kesehatan elektromedik

Alat Kesehatan menjadi salah satu prosedur wajib yang harus ada di rumah sakit atau klinik. Hal tersebut tentulah wajar saja karena tanpa alat kesehatan rumah sakit ataupun klinik tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Ada banyak sekali macam dan jenis alat kesehatan salah satunya terdapat dalam golongan alat elektromedik. Apa itu Alat Kesehatan Elekteromedik. 

Pengertian Alat Kesehatan Elektromedik 

Alat Elektromedik adalah alat kesehatan yang berhubungan dengan elektro atau kelistrikan. Dengan kata lain. Alat – alat yang bekerja dengan menggunakan energi listrik. Selain itu alat – alat elektromedik juga memiliki fungsi yang berat dalam proses perawatan pasien seperti untuk pemeriksaan organ dalam dan juga untuk proses operasi. Berikut ini beberapa contoh dan pembahasan tentang alat Elektromedik.
Contoh Alat Elektromedik 

Defibrillator 

Defibrillator merupakan salah satu perangkat elektromedik yang digunakan untuk memberikan stimulus energi listrik pada jantung. Perangkat ini digunakan bagi pasien yang mengalami henti jantung. Kondisi ini umumnya terjadi karena serangan jantung atau korban kecelakaan dan juga tenggelam. Defibrillator bekerja dengan memberikan sengatan listrik pada jantung sehingga jantung terkejut kemudian dapat berdetak kembali dengan normal. Alat ini dalam setiap jengkalnya terdiri dari sistem elektronik. Oleh sebab itu, alat ini masuk ke dalam alat Elektromedik. 

Electrocardiografi (ECG) 

ECG atau EKG (Elektrokardiografi)  adalah alat medis yang digunakan untuk merekam aktifitas otot jantung manusia. EKG digunakan dalam proses diagnosa gangguan kelainan pada jantung. Alat ini bekerja dengan menggunakan elektroda yang ditempelkan pada dada dimana elektroda tersebut dapat menangkap sinyal listrik yang terjadi karena detak / denyut jantung. Sinyal listrik tersebut digambarkan dalam sebuah grafik yang disebut elektrokardiogram. Alat EKG ini memiliki input 3, 6 dan 12 channel dalam proses rekaman datanya. 

Elektrosurgical Unit

Sebuah alat yang digunakan dalam proses pembedahan atau operasi pasien. Alat ini berfugnsi sebagai alat pemotong jaringan kulit. Alat ini juga dapat berfungsi sebagai koagulan atau menghentikan pendarahan. Alat ini merupakan alat kesehatan dengan sistem elektronik yang memanfaatkan tegangan tinggi dalam proses operasinya. Alat ini umumnya digunakan dalam ruang operasi. 

Pasien Monitor

Pasien monitor adalah alat monitor parameter kesehatan yang vital pada manusia. Alat ini umumnya berwujud sebuah monitor dengan ukuran 11 hingga 13 inc. Aatu bahkan ada yang lebih dari itu. Alat ini bekerja dengan berbagai macam sensor dan tranduser yang ada di dalamnya. Komponenya pun terdiri banyak dari komponen elektronik. Parameter yang ditampilkan dalam alat ini antara lain, tekanan darah, grafik ekg, suhu tubuh, SpO2, detak jantung dan lain sejenisnya. 

Lampu Periksa

Alat yang sering kali kita temukan di ruang dokter adalah lampu periksa. Meskipun kebanyakan lebih suka menggunakan senter dalam proses pemeriksaannya, namun lampu ini tetap merupakan alat yang direkomendasikan bahkan diwajibkan ada di rumah sakit atau klinik. Lampu ini bekerja dengan energi listrik, sehingga alat ini masuk ke dalam bagian alat kesehatan golongan elektomedik. Sekian, semoga bermanfaat

%d bloggers like this: