Kesehatan

Contoh Alat Kesehatan Di Ruang Operasi Rumah Sakit

alat medis ruang operasi

Terdapat banyak ruang yang ada di rumah sakit. Ruangan tersebut disesuaikan dengan peruntukannya masing – masing. Salah satu contohnya adalah ruang operasi atau ruang OK atau disebut juga ruang tindakan. Ruangan ini berfungsi khusus untuk tindakan operasi dan sejenisnya. 

Untuk menjalankan fungsinya, masing – masing ruangan di rumah sakit dilengkapi dengan berbagai macam instrumen atau peralatan medis pendukung. Berikut ini uraian singkat tentang beberapa contoh alat – alat kesehatan yang ada di ruang operasi. 

Peralatan Medis Penunjang Ruang Operasi Rumah Sakit

  1. Meja Operasi 

Operating Table atau dalam bahasa indonesia disebut dengan Meja Operasi. Meja ini berfungsi untuk menempatkan pasien yang akan menjalani operasi. Sedangkan para dokter dan tenaga medis berada di sekelilingnya. Posisi meja ini terletak di tengah – tengah ruang operasi. Meja operasi tidak seperti meja periksa pada umumnya. Meja ini memiliki fitur yang lebih kompleks dan juga khusus tergantung dari tindakan yang dilakukan. Contoh meja operasi gynecology dikhususkan untuk penanganan masalah persalinan dan sejenisnya. Ada juga meja operasi elektrik. Dimana pergerakan meja, naik, turun, miring digerakan oleh sistem elektromekanik yang diatur menggunakan remot. 

  1. Lampu Operasi 

Contoh peralatan medis yang ada di dalam ruang operasi berikutnya adalah Lampu Operasi. Lampu ini posisinya tepat di bagian atas meja operasi. Lampu operasi berfungsi untuk memberikan pencahayaan pada saat proses operasi berlangsung  sehingga dokter dan para tenaga medis dapat menjalankan tugasnya dengan fokus tanpa ada gangguan. Lampu ini umumnya terdiri dari dua macam jenis yaitu lampu Halogen dan lampu LED. 

  1. Instrument Operasi

Yang tidak kalah pentingnya dari dua macam alat diatas adalah adanya instrumen operasi. Instrumen ini terdiri dari berbagai macam alat bedah seperti gunting operasi, pinset, klem dan lain sebagainya. Instrument ini terbuat dari bahan logam anti karat seperti stainless steel. Sebelum dan sesudah proses operasi alat ini wajib dibersihkan dan disterilkan terlebih dulu dengan menggunakan Autoclave atau alat sterilisasi lainnya. 

  1. Mesin Anestesi

Tidak semua ruang operasi di rumah sakit memiliki unit mesin anestesi. Hal ini karena keterbatasan anggaran antara rumah sakit yang satu dan yang lainnya berbeda – beda. Sedangkan harga mesin anestesi sendiri memiliki harga yang cukup mahal. Mesin ini merupakan seperangkat alat medis yang digunakan untuk unit pembiusan atau untuk menghilangkan kesadaran dalam waktu sementara pada saat operasi berlangsung. 

  1. Electrosurgery 

Memiliki fungsi yang sama dengan instrumen operasi. Hanya saja alat ini memiliki fungsi yang lebih spesifik yaitu digunakan untuk memotong dan membedah jaringan kulit. Selain itu perbedaanya juga terletak pada sistem kerjanya. Alat ini bekerja dengan menggunakan tenaga listrik. Keunggulan dari alat ini adalah tidak menimbulkan ceceran darah yang banyak karena luka akan tertutup karena panas. Alat ini memiliki fungsi koagulasi.

%d bloggers like this: